Waktu itu coach dody pernah nulis ginih:
_Apakah setiap sales yang tinggi disebut *brand yang kuat?*_
_Sales manager baru bergabung dengan sebuah perusahaan international. Dan Salah satu produknya juga tersedia di Indonesia_
Tau, ga brand apa yg di maksud di atas?
Yg jualannya naek 150%, bos nya malah marah2..
Itu merek rokok dari amerika sanah.. belah sana an lagi dari cigudeg..
Lucky strike
Ada yg pernah denger?
Yg kalo jaman anak sd 90an.. di jadiin maenan bungkus rokok nilai nya paling tinggi..
Lucky strike nge branding produknya untuk para bos bos.. untuk para big bos.. rokok kelas papan atas..
Nah ada seorang sales handal... dia masuk perusahaan.. dia masuk penjualan naek 150%..
Apa yg di lakukan?
Ternyata dia jualan rokok ke para sopir.. ke kelas menengah bawah.. ke para pekerja kasar.. ke para buruh waktu itu di amrik sanah..
Meroket langsung penjualannya.. naik omset nya 150%..
Rekor...
Doi melakulan penjualan langsung.. hard selling..
Tapi di pecat..
Bos nya pusing setengah mati.. stress..
Karena mikirin loyalitas segmen market nya..
Pusing mikirin image para konsumen setia nya..
Masa rokok saya ama sopir saya sama 🤣
Si sopir bisa jadi untuk sesaat senang.. karena bisa ngerokok sama ama kaya rokok nya si bos.. 🤣😅
Tapi.. loyal customer 'big bos' tadi.. jadi ga mau ngeroko lucky strike lagi..
Tau apa yg terjadi selanjutnya?
Yah udah ketebak semua kan?
Berikutnya para loyal customer pindah ke merek rokok lain..
Yah sayang deh.. kasian... brand rokok yg udah di bangun susah payah, ancur gara2 sales tadi.. 😭
Sama seperti samsung dan apple..
Kalo brand market share.. samsung menang.. apple kalah jauh.. tko..
Tapi kalo itung revenue.. alias pendapatan.. samsung di pukul keok ama apple..
Apple sebagai brand no 1, dan revenue no 1 di dunia per handphone an pendapatannya di banding samsul siomay soni dan kawan kawan...
Thats it... loyal customer..
Kamu pernah kan banding2in spek samsul ama apple..
Apple kalah jauh.. but thats not poin.. tapi pada value.. bukan pada spek.. apple bisa jadi kalah spek nya sama samsul..
Tapi tetep ga bisa ngalahin revenue apple..
Contoh lain... chevrolet
Chevrolet terkenal di amrik sanah, yg tadi masih sono an dikit dr cigudeg.. adalag produsen mobil sport.. suv.. pokoknya keren and gagah lah kalo pake mobil chevrolet di banding yg lain..
Awal2 keluar dan konsisten dengan produk nya..
Chevrolet mengusai market share mobil suv sampe membukukan penjualan 7juta unit boil sebulan.. yongkruyyy... gede banget bray..
Tapi chevrolet mulai rakus.. mulai bikin sedan.. city car.. dll..jadi banyak tipe dll..
Tau hasil nya gimana?
Omset penjualan turun cuma 1-2jt mobil sebulan..
Brp tipe? Semua tipe chevrolet..
Ga tembus 7jt lagi seperti sebelum2nya..
Kenapa?
Karena tadi.. si big bos loyal customer tadi udah ber pindah ke merek lain..
Si para loyal customer udah mikir ga se exclusive lagi merek chevrolet..
Terus hubungan nya ama properti gimana?
Sama kaya algira..
Selama ini algira concern sama loyal customer..
Fokus sama konsumen yg pengen punya properti produktif..
Jadi kalo ada konsumen yg nanya ke algira cicilan 500rb an, atau 1jt an..
Itu bukan ideal target market algira, kita pernah bahas ini kan di algira training system waktu itu..
Biar lah untuk masuk segmen lain.. nanti kita pake brand lain.. pake merek lain.. bukan algira...
Ada saat nya..
Yang penting, target market semua ada pembeli nya.. ada segmen market nya... ada share market nya..
Yg penting jangan sampai terjebak pada sesuatu yg ga logis.. jual terlalu murah.. nanti kaya yg udah2..
Karena properti itu berattt.. kamu ga akan kuat😁
Yuuu.. segera branding diri kita sebagai personal consultant untuk para konsumen kita..
Sehingga kalo konsumen inget properti produktif..
Ingat nama anda..
Salam
Tukang pacul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar